SBMPTN vs UN, Apa Bedanya sih?

Halo temen-temen kelas 12, berhubung saat ini udah memasuki semester baru maka kalian para kelas 12 harus siap secara mental dan strategi menghadapi hiruk-pikuk tingkat akhir SMA. Kali ini saya ingin membahas satu hal penting yang bagi anak kelas 12 masih sering miskonsepsi dan baru sadar di akhir tahun alias telat paham. Yup, sesuai judulnya apa sih bedanya ujian SBMPTN dibanding dengan ujian UN? Sebelum masuk ke pembahasan, bagi kalian yang ingin liat cerita saya masuk PTN imipian saya, cek tulisan saya sebelum ini.

Oke kita masuk ke pembahasan topik. Kalian para kelas 12 udah tau gak ujian apa aja yang bakal kalian hadapi di kelas 12 ini nantinya? Ya, ada tiga ujian besar yang akan kalian hadapi (mungkin lebih, opsional). Ujian apa aja sih emangnya? Pertama, jelas Ujian Nasional (UN) yang kalian semua udah tau dan pastinya udah mulai was-was dengan ujian ini. Lalu yang kedua ada ujian masuk perguruan tinggi negeri, atau yang sering disebut dengan ujian SBMPTN. Ketiga, ada ujian Mandiri masuk perguruan tinggi. Nah pada kali ini, yang mau saya bahas adalah tipe ujian pertama dan kedua, tapi mungkin nantinya juga merembes ke bahasan ujian ketiga. Ready?

Kita mulai dari ujian pertama. Ujian Nasional (UN). Ujian ini kalian udah pada tau semua bahwa ujian wajib untuk perhitungan kalian lulus dari bangku SMA/SMK tapi bukan seutuhnya dari UN yang nentuin kalian lulus. Ada banyak faktor lain seperti Ujian Sekolah, Nilai-nilai akdemik, sikap dan lainnya yang dipertimbangkan sekolah untuk menjadi syarat kalian lulus atau tidaknya. Jadi, UN bukan faktor tunggal yang menentukan kalian lulus. Satu hal lagi, yang mungkin kalian belum sadar, UN itu bukan ujian seleksi, tapi Ujian EVALUASI. Kenapa disebut evaluasi? Karena ujian ini bisa dibilang ‘independent each other’ artinya kalian gak bergantung ke peserta ujian lainnya. UN ini ujian yang tanpa kuota lulus, maksudnya sebanyak apapun kalian yang punya nilai bagus dan lewat dari standar kelulusan minimal maka kalian bakal lulus dari ujian ini. Nah lalu apa bedanya sama ujian SBMPTN? Sabar, kita masuk ke bahasan berkutnya.

Ujian SBMPTN (dulu namanya SNMPTN, SPMB, UMPTN, dll) yaitu ujian ‘mematikan’ bagi anak kelas 12. Nah loh, kenapa ‘mematikan’ coba? Pasalnya ujian ini termasuk ke dalam ujian SELEKSI. Apa tuh maksudnya seleksi? Jadi, ujian SBMPTN ini ujian yang ‘dependent each other’ artinya untuk lulus ujian ini kalian sangat bergantung ke orang lain. Namanya seleksi berarti pasti ada batas kuota dari setiap PTN yang kalian inginkan. Prinsipnya gini, “Setinggi apapun nilai kalian, jika ada yang lebih tinggi dari kalian nilainya maka mungkin-mungkin aja kalian gak lulus. Tapi, serendah apapun nilai kalian, jika ada yang lebih rendah dari kalian maka mungkin-mungkin aja kalian lulus.” Udah jelas belum? Gini nih simple-nya, kalian harus pastiin nilai kalian lebih tinggi dari saingan kalian yang ngambil jurusan sama di PTN tersebut. Tapi gimana caranya? Nah itu dia, ya kalian harus mendulang poin setinggi-tingginya.

Udah jelas kan, bedanya SBMPTN dengan UN? Nah info tambahan tentang SBMPTN dikit nih. SBMPTN ini bagi saya yaitu ujian yang abstrak. Kenapa abstrak? Karena ujian ini kita gak pernah tau nilai akhir ujian kita, gak pernah ada pembahasan dan kunci jawaban resmi dari panita. Tapi yang ada hanya keterangan kalian LULUS/TIDAK LULUS. Kurang mematikan dan mengerikan gimana coba. Sekedar info lagi nih, kalo ujian mandiri tipenya sama nih kayak SBMPTN yaitu ujian seleksi juga. Jadi, bagi kalian kelas 12 ataupun alumni yang masih mau mencoba peruntungannya di tahun kedua ini, mumpung masih awal semester baru, siapkan diri kalian sematang-matangnya. Siapkan alat tempur kalian secanggih mungkin. Ingat, nyesel di akhir itu gak ada gunanya. Mulai dari sekarang siapin segalanya, jangan nunda-nunda. Kalo mau lebih liat kisah nyata saya di SBMPTN, baca tulisan saya sebelum ini. Untuk tips menghadapi SBMPTN, tunggu di tulisan selanjutnya. Semangat dan jangan menyerah!

The journey of a thousand miles begins with one step. –Lao Tzu

Ps: Bagi kalian yang mau tanya-tanya tentang SBMPTN, silahkan hubungi saya di instagram (hafisalrafi)

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.