Ayo, Indonesia Genggam Internet!

internet

Internet merupakan suatu hasil kecanggihan teknologi yang dapat menghubungkan seseorang dengan segala titik di dunia. Manfaat internet telah menyentuh hampir semua sisi kehidupan manusia. Kini ada banyak sekali hal yang semakin mudah dilakukan berkat adanya internet. Namun masih ada jutaan orang Indonesia belum mengenal dan merasakan manfaat internet.

Selain banyak manfaatnya, internet juga punya banyak dampak negatif. Dampak negatif ini sering diberitakan di berbagai media. Tak heran, banyak orang-orang yang belum mengenal internet dan menganggap kalau ‘makhluk’ satu ini hanya membawa dampak negatif. Tak jarang banyak orang tua yang mengomel karena anaknya gemar menelusuri internet.

Dilansir dari detik Inet, Masyarakat Indonesia yang menggakses internet secara reguler hanya 27%. Sedangkan 73% belum melek internet alias buta internet.

Jadi bagaimana cara memberantas buta interent? Bagaimana cara menurunkan angka 73% (buta internet) tersebut?

Pertama, kita harus memperkenalkan apa itu internet dan manfaatnya kepada orang-orang yang belum tau di sekitar kita. Internet mempunyai manfaat yang sangat banyak dalam sisi kehidupan saat ini. Realitisnya, kita dapat berhubungan dengan orang sekitar melalui media sosial, seperti facebook, twitter, dll. Hal ini sudah ‘mainstream’ bagi anak muda zaman sekarang. Namun bagaimana yang belum mengetahui? Oleh karena itu, kita sebagai masyarakat Indonesia demi majunya negeri ini dengan wawasan teknologi dan kecanggihan, sewajarnya kita memeberitahu dan mensosialisasikan apa itu interenet kepada teman-teman di lingkungan kita. Tidak hanya media sosial, dengan internet kita juga dapat mencari bahan belajar maupun referensi lainnya dengan cepat, mudah, murah, dan efektif.

Selanjutnya, bimbinglah orang-orang di sekitar kita yang ingin mengetahuinya dan mempunyai motivasi untuk bangkit menuju insan yang berteknologi. Kita yang telah melek dengan internet, bimbinglah mereka yang mempunyai niat baik untuk ‘berselancar’ dengan internet. Perlihatkan kepada mereka apa itu internet dan tunjukkan manfaat positifnya serta kegunaannya dalam kehidupan sehari-hari.

Terakhir, tunjukkan kepada orang-orang di sekitar kita yang akan keluar dari kebutaan akan internet cara untuk mengakses internet secara positif. Tunjukkan kepada mereka cara-cara berselancar di dunia maya dengan mudah, salah satunya dengan menggunakan jasa warnet bagi yang tidak memiliki Personal Computer dan perangkat internet di rumahnya.

Jika hal itu terwujud, maka persentase Indonesia melek dengan internet akan meningkat. Jika masyarakat Indonesia bisa mengakses internet dan ‘menyapa’ dunia, maka bumi dan seisinya berada dalam satu genggaman kita. Oleh karena itu, marilah kita sama-sama mengajak semua pihak dan kalangan masyarakat Indonesia melek dengan internet. Buatlah dunia menatap Indonesia yang mencengangkan, dan semua mata tertuju pada kita. Ayo, Indonesia Genggam Internet!

=====

*Ditulis oleh Hafis Alrafi Irsal | @hafisalafi

SMA Negeri 1 Padang

pin2014

Event Pekan Informasi Nasional kembali digelar. Provinsi Sumatera Barat mendapat kepercayaan dari Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia untuk berindak sebagai tuan rumah dalam penyelenggaraan Pekan Informasi Nasional (PIN) ke-6.

PIN yang pada tahun sebelumnya diselenggarakan di kota Medan Sumatera Utara ini bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan, apresiasi masyarakat dan pemberdayaan masyarakat terhadap perkembangan teknologi informasi dan komunikasi. Perkembangnya dunia ICT yang semakin pesat mau tidak mau memberikan semangat untuk ikut dalam percaturan nasional maupun global. Kita diminta untuk meningkatkan kompetensi diri dalam menerima setiap kemajuan teknologi dan informasi yang datang. Maka masyarakat utamanya generasi muda diminta peran sertanya untuk ikut dalam percaturan tersebut.

Seiring dengan tujuan dan gambaran di atas dalam pelaksanaan PIN ke-6 yang akan dilaksanakan pada bulan Mei ini nantinya akan melibatkan Dinas-dinas, instansi atau lembaga terkait seperti pemerintah, lembaga non-pemerintah, swasta, komunitas maupun LSM dan tentunya juga peran serta masyarakat luas.

Nantinya masyarakat akan bebas memilih kegiatan apa yang akan mereka saksikan atau ikuti. Di antara kegiatan tersebut adalah Festival pertunjukkan rakyat, pagelaran media tradisional, sarasehan, pertunra dan KIM, bidan aplikasi teknologi informasi (lomba blogger & animasi), bidang pameran teknologi informasi, postel dan penyiaran, bidang parade budaya nusantaradan marching band dsb.

Kegiatan-kegiatan ini nantinya diharapkan dapat meningkatkan antusiasme warga terhadap PIN, menambah pengetahuan generasi muda akan dunia ICT serta menambah kepedulian masyarakat akan potensi sosial budaya yang mereka miliki.

 

About Hafis Alrafi

Hafis Alrafi Irsal, usually called Hafis.
This entry was posted in Article and tagged , , , . Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s