Jadilah Teman yang Baik, Teman!

     Sahabat akan menampar mu dari depan
     Tapi teman akan menikam mu dari belakang

     Sahabat akan tutup mulut dengan kesalahan mu
     Tapi teman akan menceritakan yang tidak benar tentang diri mu

     Sahabat akan menerima kekurangan mu
     Tapi teman hanya menerima kelebihan mu

Dari tiga kata-kata bijak di atas, bisa kita petik makna bahwa teman tetap teman atau bisa menjadi lawan dalam hidup kita. Sedangkan sahabat akan mampu menerima kita saat senang maupun sedih, mudah maupun susah, dan ia tidak hanya menerima kelebihan kita namun sahabat juga akan siap menerima kekurangan kita. Sahabat itulah teman yang sejati.

Saat kita berpikir ‘jangka pendek’, kita akan beranggapan bahwa teman siap dan bersedia menemani dan menolong kita dikondisi apapun. Berhati-hatilah karena teman tidak sebagus dan sebaik yang kita bayangkan. Memang tidak semua teman yang bisa menjadi lawan. Namun, ingatlah kita mendapatkan teman pada suatu area yang sama-sama akan mengejar suatu tujuan. Ibaratkan semut yang saling bantu-membantu untuk mencari dan mengambil makanan tapi pada dasarnya semut itu memerlukan makanan untuk dirinya sendiri. Ya, begitulah teman. Kita sama-sama dalam suatu arena kompetisi yang sedang berada dalam lintasan menuju garis finish demi meraih tropi kemenangan.

Teman, satu kata -lima huruf- yang berjuta maksud dan tujuan. Teman hanya akan menjadi ‘teman’ di luar lapangan dan malah menjadi lawan di dalam lapangan. Dan yang lebih menyakitkannya lagi yaitu “teman akan menikam mu dari belakang”. Kebanyakan orang pasti akan lebih memilih “Sahabat akan menampar mu dari depan” daripada teman yang menikam dari belakang.

Kadang teman bisa menjadi lawan dan mungkin saja tercipta yang namanya ‘Mantan Teman’. Berbeda dengan sahabat yang tiada akhir, tidak ada kata mantan untuk sahabat. Oleh karena itu, jadilah teman yang baik, teman!

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s