Alamak, Twitter Disensor?

Media jejaring sosial terkenal, Twitter menambah teknologi baru pada situsnya, yang memungkinkan menyensor tweet di negara-negara tertentu. Tweet-tweet dengan konten tertentu yang berasal dari negara yang meminta penyensoran akan secara otomatis disensor oleh Twitter.

Tweet yang akan disensor tentu tweet yang mengandung provokasi, spam, dan sara. Di blog resmi Twitter mengatakan, “Mulai hari ini, kami memberanikan diri untuk lebih reaktif terhadap konten yang berasal dari negara tertentu. Namun, kami tetap akan menyebarkannya ke jaringan global,”.

Pada tweet yang disensor, Twitter akan memperlihatkan tulisan ‘Tweet Withheld: This tweet from @username has been withheld in: Country’. Seperti tampak pada screenshot di bawah ini.

Jadi, apakah Twitter akan disensor di Indonesia?

Diungkapkan oleh juru bicara Menkominfo pada Kabar Petang TVOne (28/1), Indonesia tidak akan menyensor tweet yang berasal dari negara demokrasi ini.

Sebelumnya, dalam beberapa tweet sejumlah orang, menyatakan akan memboikot twitter dan menuntut membatalkan rencana sensor. “Ini berita buruk, sekarang kami jadi berpikir apakah aman untuk men”tweet” ,” kata seorang aktivis Mahmoud Salem dengan akun twitternya @sandmonkey.

Untuk saat ini, Twitter belum menggunakan kemampuan barunya tersebut. Sensor ini akan dilakukan apabila mereka diminta menahan (withhold) sebuah tweet di negara tertentu.

“Kami akan berusaha agar pengguna tahu — tweet yang disensor. Dan kami akan menandai dengan jelas apabila ada konten yang ditahan,” ungkap Twitter.

Untuk itu kita berharap saja agar Indonesia benar-benar tidak akan menyensor twitter, agar orang tidak terlalu takut untuk membuat tweet-tweet yang penting.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s