JADWAL LENGKAP PIALA DUNIA 2018 RUSIA (MATCHDAY 1)

Sumber gambar: FIFA.com (Getty Images)

Pesta akbar sepakbola se-jagat raya akan segera bergulir. Semua mata dunia akan tertuju ke Rusia. Yup, pesta akbar sepakbola empat tahun sekali itu akan digelar di negara terluas di dunia tersebut.  Gelaran yang sungguh megah nan dinanti itu akan digelar di 11 kota di Rusia, yaitu Saint Petersburg, Ekaterinburg, Nizhny Novgorod, Kazan, Kaliningrad, Saransk, Samara, Volgograd, Rostov-on-Don, Sochi, dan tentunya Moskow. Untuk lebih mengenal kota-kota penyelenggara Piala Dunia 2018 ini, tunggu tulisan saya selanjutnya yang akan membahas keindahan dari setiap sudut kota-kota di Rusia ini.

Kurang dari 30 hari lagi, sepak mula laga pertama akan dimainkan. Sang tuan rumah akan ditantang oleh Arab Saudi. Sangat menarik untuk dinanti siapa yang akan menjadi pencetak gol pertama, kartu kuning pertama, bahkan kartu merah pertama. Semua momen di dalam piala dunia akan sangat sayang untuk ditinggalkan. Untuk itu saya sudah menyiapkan jadwal setiap pertandingan pada babak grup. Selalu pantau tulisan saya agar tidak ketinggalan keseruan dari pesta akbar sepakbola ini.

Berikut jadwal lengkap Piala Dunia 2018 untuk matchday 1.

Kamis, 14 Juni 2018
Luzhniki Stadium
Grup A Rusia 22:00 Arab Saudi
Moskow, Rusia
Jumat, 15 Juni 2018
Ekaterinburg Arena
Grup A Mesir 19:00 Uruguay
Ekaterinburg, Rusia
Saint Petersburg Stadium
Grup B Maroko 22:00 Iran
St. Petersburg, Rusia
Sabtu, 16 Juni 2018
Fisht Stadium
Grup B Portugal 01:00 Spanyol
Sochi, Rusia
Kazan Arena
Grup C Perancis 17:00 Australia
Kazan, Rusia
Spartak Stadium
Grup D Argentina 20:00 Islandia
Moskow, Rusia
Mordovia Arena
Grup C Peru 23:00 Denmark
Saransk, Rusia
Minggu, 17 Juni 2018
Kaliningrad Stadium
Grup D Kroasia 02:00 Nigeria
Kaliningrad, Rusia
Samara Arena
Grup E Kosta Rika 19:00 Serbia
Samara, Rusia
Luzhniki Stadium
Grup F Jerman 22:00 Meksiko
Moskow, Rusia
Senin, 18 Juni 2018
Rostov Arena
Grup E Brazil 01:00 Swiss
Rostov-on-Don, Rusia
Nizhny Novgorod Stadium
Grup F Swedia 19:00 Korea Selatan
Nizhny Novgorod, Rusia
Fisht Stadium
Grup G Belgia 22:00 Panama
Sochi, Rusia
Selasa, 19 Juni 2018
Volgograd Arena
Grup G Tunisia 01:00 Inggris
Volgograd, Rusia
Mordovia Arena
Grup H Kolombia 19:00 Jepang
Saransk, Rusia
Spartak Stadium
Grup H Polandia 22:00 Senegal
Moskow, Rusia

Semua waktu pertandingan menggunakan Waktu Indonesia bagian Barat (WIB). Untuk Indonesia broadcaster resmi yang akan menanyangkan setiap pertandingan adalah Transmedia.

Sumber jadwal dan gambar: FIFA.com

Iklan

Secangkir Kopi dan Perasaan yang Bersamaku Ketika Sunyi

Secangkir kopi

Bandung semakin dingin, malam pun berganti menuju pagi. Secangkir kopi hangat dan bacaan yang menarik tetap membuat gelap ini terasa menyala. Akhir-akhir ini Bandung lagi musim hujan yang tidak dapat ditebak kapan turunnya dan kapan redanya. Persis seperti perasaan seseorang yang datang ketika ingin dan pergi ketika sudah.

Gokil ga tuh pembukaannya wkwk. Malam ini saya mau ngebahas tentang kopi. Tadi saya abis nonton lagi film Filosofi Kopi 2 : Ben & Jody. Sebenarnya saya udah nonton film ini waktu baru rilis di bioskop Juli lalu. Tapi ntah kenapa tadi pengen nonton ini lagi karena bagi saya di film ini banyak kata2 yang saya suka apalagi ngelibatin kopi.

Btw saya udah suka kopi sejak 2013, kala itu saya masih SMA. Jadi, kira2 udah 4 tahun saya bersama kopi yang selalu nemenin malam saya menjadi lebih hangat dan menyala. Awalnya saya niat minum kopi sekadar buat bisa begadang untuk belajar atau ngerjain tugas sekolah. Namun, hari berganti hari, bulan demi bulan, dan tahun pun berganti, akhirnya kopi menjadi bagian yang ga bisa saya pisahkan di setiap malamnya. Terasa ada yang kurang jika pada malem itu saya ga nikmatin secangkir kopi.

Di film Filosofi Kopi 2, saya menemukan makna sejati dari kopi itu sendiri, “karena ada hal yang lebih penting daripada sekadar menyeduhnya yaitu menanam kopi”. Film yang merupakan sekuel dari film pertamanya ini, memberi kesan kepada kita bahwa setiap kopi yang tersaji di meja kita itu berasal dari para pemulia benih kopi (petani kopi) yang dengan penuh cinta menanam dan merawatnya hingga menjadi biji kopi. Hal lain yang juga disampaikan dalam film ini yaitu suatu pesan kepada pecinta sekaligus penikmat kopi bahwa dalam membuat setiap cangkir kopi akan ada perasaan yang terlibat di dalamnya.

Filosofi Kopi (Sumber: duniaku.net)

“Karena buat saya bikin kopi itu meditasi, bukan matematika” – Ben, Filosofi Kopi 2

Kopi juga tidak hanya sekadar minuman sesaat, tapi lebih dari itu kopi sejatinya untuk dinikmati bukan hanya diminum. Di akhir film ini, si Ben (Chicco Jerikho) menyampaikan satu hal bahwa ada satu filosofi yang ga pernah ditulis tapi selalu ada dalam setiap cangkir kopi, “Setiap hal yang punya rasa selalu punya nyawa”.

SBMPTN vs UN, Apa Bedanya sih?

Halo temen-temen kelas 12, berhubung saat ini udah memasuki semester baru maka kalian para kelas 12 harus siap secara mental dan strategi menghadapi hiruk-pikuk tingkat akhir SMA. Kali ini saya ingin membahas satu hal penting yang bagi anak kelas 12 masih sering miskonsepsi dan baru sadar di akhir tahun alias telat paham. Yup, sesuai judulnya apa sih bedanya ujian SBMPTN dibanding dengan ujian UN? Sebelum masuk ke pembahasan, bagi kalian yang ingin liat cerita saya masuk PTN imipian saya, cek tulisan saya sebelum ini.

Oke kita masuk ke pembahasan topik. Kalian para kelas 12 udah tau gak ujian apa aja yang bakal kalian hadapi di kelas 12 ini nantinya? Ya, ada tiga ujian besar yang akan kalian hadapi (mungkin lebih, opsional). Ujian apa aja sih emangnya? Pertama, jelas Ujian Nasional (UN) yang kalian semua udah tau dan pastinya udah mulai was-was dengan ujian ini. Lalu yang kedua ada ujian masuk perguruan tinggi negeri, atau yang sering disebut dengan ujian SBMPTN. Ketiga, ada ujian Mandiri masuk perguruan tinggi. Nah pada kali ini, yang mau saya bahas adalah tipe ujian pertama dan kedua, tapi mungkin nantinya juga merembes ke bahasan ujian ketiga. Ready? Continue reading “SBMPTN vs UN, Apa Bedanya sih?”

Perjuangan Menuju Kampus Impian (STEI ITB 2016)

Poster semangatku untuk menuju kampus yang aku impikan. (Credits: http://www.keepcalm-o-matic.co.uk/)
Poster semangatku untuk menuju kampus yang aku impikan. (Credits: http://www.keepcalm-o-matic.co.uk/)

Cerita perjalanan sebuah perjuangan ini dimulai sekitar dua tahun lalu (puncaknya satu tahun yang lalu). Saat itu aku berada pada tingkatan tertinggi di sekolah menengaah pertama (baca: kelas 12). Aku memulai kelas 12 tanpa pemahaman yang mendalam tentang bagaimana perjuangan masuk kampus impian itu. Aku hanya sekadar ‘ingin’ tanpa usaha yang konkret, atau bahasa yang mudahnya ‘masih mengikuti arus’. Continue reading “Perjuangan Menuju Kampus Impian (STEI ITB 2016)”

“A Smooth Sea Never Made a Skilled Sailor”

a-smooth-sea-never-made-a-skilled-sailorDalam hidup tentu ada kalanya kita berada di atas dan ada pula kala kita berada di bawah. Namun kebanyakan orang lupa diri saat berada di atas dan penuh keluh kesah saat dirinya terdampar di bawah. Ingatlah jika dalam hidup tidak ada naik dan turun, itu artinya kamu mati! (If there is no ups and dows in life, it means you are dead).

Tentunya kita semua pernah berada di posisi ‘bawah’ dalam hidup kita. Merasa paling gagal, tidak diberi rizki, dan menganggap hidup ini terlalu kejam. Wahai saudaraku, jika kalian berada pada posisi itu bertenanglah dahulu. Jangan langsung mengeluh, bersedih hati, dan gundah gulana. Sebagai pribadi yang cerdas, kita melihat sebuah kegagalan sebagai suatu jatah dalam hidup kita untuk melihat dunia lebih luas lagi, sebagai intropeksi diri, dan sebagai bagian dalam hidup kita untuk menata kembali strategi menjalani kehidupan.

Kita tidak pernah tau rahasia Yang Mahakuasa. Namun, percayalah kalian bahwa apa yang Ia rencanakan kepada kalian jauh lebih mulia daripada apa yang terencana oleh diri kita. Sejatinya, kita hanya Ciptaan-Nya. Tentu, Sang Desainer terbaik akan sempurna dalam menyusun skenario hidup kita. Maka dari itu jika kita sedang dalam fase diuji, maka bersabarlah dan jika kita sedang dalam kebahagiaan, bersyukurlah. Percayalah, pemilik jagat raya ini tidak akan memberi ujian kepada kita di luar batas kemampuan kita. Ujian yang kita rasakan hari ini hanya sebagai bahan untuk mengasah dan menempa diri kita lebih baik lagi.

A smooth sea never made a skilled sailor. Habis gelap terbitlah terang. Sesungguhnya, setelah kesulitan ada kemudahan. Dan ingat, janji Allah itu benar!