Makna Belajar

Belajar meerupakan suatu kegiatan untuk memperoleh ilmu dengan cara membaca, melihat, menela’ah, mendengarkan, mengamalkan dan mempraktekkan. Tapi, kadang masih banyak orang yang menyalahartikan makna belajar tersebut.

Sering kita lihat di sekolah-sekolah, banyak siswa yang mengatakan kepada orangtuanya untuk belajar ke sekolah, namun apa dia telah benar-benar belajar?. Itulah permasalahannya sekarang ini, siswa-siswi sekolahan telah banyak membohongi orangtuanya dengan kata “belajar”.

Dan juga banyak kita lihat siswa yang minta izin ke orangtuanya untuk belajar kelompok, namun akhirnya dia pergi main bersama teman-temannya. Biasanya hal ini terjadi pada siswa yang imannya belum memenuhi standard minimal. Tetapi, jika siswa tersebut sudah memiliki iman yang kuat & kokoh, insyaallah dia tidak akan membohongi orangtuanya dengan kata  “belajar”.

Kadang  juga kita lihat penyalahartian kata belajar di kalangan guru. Guru sering memaknai belajar tersebut dengan membuat siswa yang pandai menjadi lebih pandai.

Tapi, arti tersebut menurut saya pribadi salah, karena “…belajar itu bukan dari pandai menjadi lebih pandai, tetapi belajar adalah dari belum pandai menjadi pandai…itulah belajar!”. Sering saya memperhatikan guru di sekolah, lebih cenderung memperhatikan siswa-siswi yang telah pandai, tetapi siswa yang belum pandai bagaimana?.

Semua siswa-siswi disekolah sangat membutuhkan perhatian dari gurunya, bukan hanya murid yang telah pandai, tetapi murid yang belum pandai juga. Sekali lagi karena, “…belajar itu bukan dari pandai menjadi lebih pandai, tetapi belajar adalah dari belum pandai menjadi pandai…itulah belajar!”.

About these ads

Satu gagasan untuk “Makna Belajar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s